Apa itu ilmu grafik komputer dan pengolahan citra?Lalu contoh dikehidupan nyatanya?

Posted by Pemuda Ras Karo

Salam sejahtera para pembaca dimanapun dan kapanpun kalian membacanya. Pada kesempatan ini saya mempublikasikan tugas saya dan sekaligus membantu pembaca jika sedang mencari artikel tentang ilmu grafik komputer & pengolahan citra termasuk penerapan dalam kehidupan nyata. Yak langsung saja, selamat membaca.

Grafik Komputer
Apa itu ilmu grafik komputer? Ilmu grafik komputer adalah proses pembuatan dan manipulasi gambar visual yang menyerupai objek asli dari pendiskripsian obyek tersebut atau data yang terkandung di obyek tersebut.


Perkembangan grafika komputer secara sederhana dapat dibagi menjadi empat fase, yaitu :

  1. Fase Pertama (1950) era grafika komputer interaktif
    Tidak begitu cepat karena teknologi, jumlah dan harga komputer tidak mendukung.
    MIT berhasil mengembangkan komputer whirlwind dengan tabung sinar katode (Cathode Ray Tube-CRT).
    Sudah menggunakan pena cahaya (light pen) yaitu sebuah alat input bentuknya seperti pensil yang digunakan untuk memilih posisi, menunjuk sesuatu dan menggambar pada layar dengan pendeteksian cahaya yang datang dari titik-titik pada layar CRT.
    Telah ada alat pemrograman otomatis (Automatic Programming Tool).
  2. Fase Kedua (1960) Jaman Penelitian/Riset Grafika Komputer Interaktif
    Grafika interaktif modern telah ditemukan oleh Ivan Sutherland.
    Mengembangkan teknik interaktif dengan sarana keyboard dan pena cahaya.
    Sejumlah projek penelitian dan produk Computer Aided Design/Manufacturing (CAD/CAM) telah muncul.
  3. Fase Ketiga (1970)
    Grafika komputer interaktif telah digunakan oleh sektor industri, pemerintah dan ilmuawan untuk memperbaiki kualitas desain produk secara cepat dan mudah.
  4. Fase Keempat (1980-1990)
    Penelitian pada dekade ini bertumpu pada penggabungan dan pengotomasasian pelbagai unsur desain dan pemodelan pejal (solid modelling).
    Teknologi hibrid mulai diperkenalkan. Teknologi ini berguna untuk penggabungan objek pejal dengan permukaan.
Bagian dari grafika komputer meliputi:
  • Geometri, mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang,
  • Animasi, mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan,
  • Rendering, mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya,
  • Citra (Imaging), mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar
Beberapa contoh dalam kehidupan nyata:
  • Video Game, video game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Contoh: Conflict Global Terror, Tetris, Rising Force.
  • Bidang Hiburan, grafik komputer menghasilkan efek animasi yang baik. Contoh: Transformers, Toy Story Trilogy, The Lord of The Rings.
  • Bidang Kesehatan, digunakan untuk rontgen tubuh manusia yang berfungsi untuk mengetahui ada atau tidaknya kelainan di tubuh. Contoh: Foto Rontgen.
Pengolahan Citra
Apa itu Pengolahan citra?Sebelum itu kita harus tahu dahulu apa itu citra. Citra adalah gambar pada bidang dwimatra (dua dimensi). Ada sebuah peribahasa yang berbunyi,
 “sebuah gambar bermakna lebih dari seribu kata” (a picture is more than a thousand words)
Maksudnya tentu sebuah gambar dapat memberikan informasi yang lebih banyak daripada informasi tersebut disajikan dalam bentuk kata-kata (tekstual).

Ditinjau dari sudut pandang matematis, citra merupakan fungsi menerus (continue) dari intensitas cahaya pada bidang dwimatra. Sumber cahaya menerangi objek, objek memantulkan kembali sebagian dari berkas cahaya tersebut. Pantulan cahaya ini ditangkap oleh oleh alat-alat optik, misalnya mata pada manusia, kamera, pemindai (scanner), dan sebagainya, sehingga bayangan objek yang disebut citra tersebut terekam. Citra yang dimaksudkan di dalam keseluruhan isi buku ini adalah “citra diam” (still images). Citra diam adalah citra tunggal yang tidak bergerak.

Citra bergerak (moving images) adalah rangkaian citra diam yang ditampilkan secara beruntun (sekuensial) sehingga memberi kesan pada mata kita sebagai gambar yang bergerak. Setiap citra di dalam rangkaian itu disebut frame. Gambar-gambar yang tampak pada film layar lebar atau televisi pada hakikatnya terdiri atas ratusan sampai ribuan frame.

Dan mengapa kita perlu mempelajar pengolahan citra?
Meskipun sebuah citra kaya informasi, namun seringkali citra yang kita miliki mengalami penurunan mutu (degradasi), misalnya mengandung cacat atau derau (noise), warnanya terlalu kontras, kurang tajam, kabur (blurring), dan sebagainya. Agar citra yang mengalami gangguan mudah diinterpretasi (baik oleh manusia maupun mesin), maka citra tersebut perlu dimanipulasi menjadi citra lain yang kualitasnya lebih baik. Bidang studi yang menyangkut hal ini adalah pengolahan citra (image processing).

Jadi, Pengolahan citra adalah pemrosesan citra, khususnya dengan menggunakan komputer, menjadi citra yang kualitasnya lebih baik.


Beberapa contoh dalam kehidupan nyata:
  • Bidang Biomedis, ketika ditemukannya Tomografi terkomputerisasi (Computer Terized Tomography/CT) pada tahun 1970-an dan kini teknologi tomografi tersebut sudah maju sangat pesat. Pengolahan citra digital dapat digunakan untuk deteksi tumor atau kanker rahim, identifikasi penyakit paru-paru, identifikasi penyakit hati, identifikasi penyakit tulang, segmentasi tulang dari otot yang lainnya, klasifikasi gigi, dan analisis citra mikroskopis.
  • Tekhnologi Pengaman, suatu system mengalami kemajuan pesat akibat dari pesatnya perkembangan pengolahan citra pada bidang biometrika. Sebagai contoh pemanfaatan sidik jari, iris, wajah, dan biometrika yang lainnya untuk system identifikasi seseorang. 
  • Bidang Fotografi, kemajuan dibidang fotografi memberi dampak pada bidang-bidang astronomi, photogrametry, dan fisika partikel. Para astronom dapat melakukan pengukuran terhadap posisi dan jarak suatu bintang dari foto udara.
Sekian sudah artikel ini, semoga para pembaca dimanapun dan kapanpun sedikit mengerti dan dapat membantu ketika mendapat sebuah pertanyaan dalam konteks ini.

{ 0 Comment... read them below or add one }

Post a Comment